PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 PALEMBANG
Oktiana Dwi Putra
Herawati
Rusdy
Siroj dan H.M. Djahir Basir
Penerapan
pendekatan problem posing di dalam
pembelajaran matematika akan membantu mengembangkan kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa. Pembelajaran dengan pendekatan problem
posing adalah pembelajaran yang menekankan kepada siswa untuk mengajukan
soal sesuai dengan materi pelajaran yang telah mereka dapatkan. Siswa dituntut memiliki penguasaan yang baik
terhadap konsep materi pelajaran yang telah diajarkan sebelum mengajukan soal.
Dari seluruh siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 6 Palembang tahun ajaran 2009/2010, penulis hanya mengambil dua kelas
sebagai sampel, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA
2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis,
terdapat perbedaan perolehan nilai rata-rata yang didapat kedua kelas. Perolehan
nilai rata-rata pada kelas dengan pembelajaran problem posing sebesar 78,9 sedangkan pada kelas dengan
pembelajaran konvensional sebesar 70,8. Adapun siswa yang mencapai KKM pada
kelas dengan pembelajaran problem posing
sebanyak 40 orang (88,9%) sedangkan pada kelas dengan pembelajaran konvensional,
siswa yang mencapai KKM lebih sedikit, yaitu sebanyak 25 (55,6%) orang.
Kelas dengan pembelajaran problem posing memperoleh nilai lebih
tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional disebabkan karena pada
pembelajaran dengan problem posing
terdapat tiga kegiatan, yaitu presolution
posing, within solution posing,
dan post solution posing. Pada kegiatan
presolution posing, siswa dilatih
untuk dapat mengaitkan informasi/situasi yang mereka peroleh dengan materi pelajaran
yang telah diterima. Pada kegiatan within
solution posing, siswa dilatih untuk merumuskan sub-sub pertanyaan yang
mengarah kepada penyelesaian soal. Pada kegiatan post solution posing, siswa dilatih untuk lebih memahami konsep
materi pelajaran. Kegiatan-kegiatan tersebut menjadikan siswa lebih aktif dan
kreatif dalam mengembangkan pengetahuan, serta kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa pun menjadi lebih mantap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar