Senin, 03 Maret 2014

Aplikasi Pertidaksamaan


Kalian tahu gambar siapakah di atas? Si 46? Yuph! Valentino Russi *ups maksudnya Valentino Rossi. Kalian juga pasti tahu dong dia ini seorang pembalap? Hehee..

Nah, tahukah kalian bahwa matematika ada hubungannya dengan hal-hal yang berbau balap-membalap seperti yang digeluti si 46 ini loh. Ini dia buktinya...

Ketika seorang pembalap melewati tikungan, ia harus mengurangi kecepatannya. Hal ini sangat penting dilakukan karena tiap tikungan mempunyai batasan kecepatan yang boleh dilakukan oleh seorang pembalap. Batasan kecepatan tiap tikungan tergantung seberapa tajam tikungan tersebut. Artinya ketika kecepatan pembalap melebihi batasan yang diperbolehkan di suatu tikungan maka pembalap tersebut akan tergelincir keluar dari trek.

Coba perhatikan pula gambar di bawah ini!

Apa pendapat kalian? Apakah yang akan terjadi kepada pengemudi motor itu beserta pasukan helm merah di belakangnya? Kemungkinan besar mereka akan mengalami kecelakaan. Karena banyaknya penumpang sudah melebihi kapasitas maksimal motor. Jadi idealnya, banyaknya penumpang harus lebih kecil atau sama dengan kapasitas beban motor.

Di sinilah peran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kedua contoh di atas merupakan aplikasi dari materi pertidaksamaan yang kalian jumpai di pelajaran Matematika SMA kelas X.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar